Persiapan ke Jepang

Tentunya kita harus mempersiapkan kebutuhan selama bersekolah di Jepang dan juga harus berbekal ilmu tentang negara tersebut, salah satunya bahasa. Kebutuhan yang harus dipersiapkan juga harus sesuai dengan kondisi saat keberangkatan:

1. Kemampuan Bahasa

 

Calon siswa harus memiliki setidaknya keahlian dasar berbahasa jepang. Karena yang akan digunakan ketika pertama kali datang ke Jepang adalah bahasanya. Oleh karena itu sangat dianjurkan kepada calon siswa untuk memiliki sertifikat belajar bahasa Jepang.

a.      Bagi yang memiliki kemampuan dasar bahasa Jepang

Bagi mereka yang pernah belajar bahasa Jepang, diharapkan memiliki sertifikat JLPT minimal level N5 ataupun surat keterangan yang menyatakan telah mempelajari bahasa Jepang selama minimal 160 jam yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan bahasa Jepang (LPK/Kursus).

b.      Bagi yang belum memiliki kemampuan dasar bahasa Jepang

Bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman belajar bahasa Jepang, Jakaruta Global Group menyediakan kelas pembelajaran bahasa Jepang.

  • Kelas dimulai 6 bulan sebelum keberangkatan

  • Jenjang waktu belajar selama 6 bulan

  • Jam belajar 3 - 4 jam

  • Jumlah pertemuan 3x seminggu.

Kami juga menyediakan program belajar bahasa Jepang secara privat.

2. Passport

Passport merupakan identitas setiap orang saat berada di

luar negaranya, sehingga passport menjadi benda wajib

yang harus dimiliki calon siswa sebelum mendaftar sekolah

dan setelah sah menjadi siswa sekolah di Jepang.

Passport yang dipakai sebaiknya berjenis e-passport dan

masih berlaku di atas 1 tahun saat mendaftarkan diri.

3. Dokumen persyaratan

Sebelum mendaftarkan diri siswa harus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat. Dokumen-dokumen inilah yang akan menjadi salah satu faktor penentu diterima atau tidaknya calon siswa oleh kantor imigrasi Jepang (turun atau tidaknya Certificate of Eligibility yaitu surat izin tinggal di Jepang yang menjadi dokumen wajib untuk pembuatan visa sekolah), oleh karena itu calon siswa wajib memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.

Klik di sini untuk persyaratan lebih lengkap. 

4. Kebutuhan selama di Jepang

Kebutuhan selama sekolah di Jepang perlu dipersiapkan dan dipertimbangkan sesuai dengan kondisi kapan calon siswa akan berangkat. Biaya hidup harus disiapkan untuk minimal 3 bulan pertama ketika sampai di Jepang. Pihak kami akan mendiskusikan kerja part time dengan pihak sekolah agar peserta mendapatkan kerja part time (baito). Bawalah bekal obat-obatan pribadi, perlengkapan mandi, perlengkapan belajar dan sebagainya untuk kehidupan 3 bulan pertama.

 

Siapkan koper sesuai dengan kebutuhan di Jepang sehingga mempermudah pengurusan keberangkatan dan tiba di Jepang. Bawalah pakaian secukupnya dan tidak perlu membawa jaket tebal dari Indonesia. Saat berangkat sekolah di Jepang pakaian tersebut bisa dibeli di Jepang saat musimnya datang. Sehingga tidak memakan tempat dalam koper.

5. Kesehatan

Pastikan calon siswa dalam keadaan sehat, tidak menderita atau mempunyai penyakit berat, menular, dan lain lain sebelum berangkat. Jika calon siswa memiliki penyakit tersebut mohon untuk dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau Rumah Sakit.

hipwee-000033-00_cara-membuat-paspor_pas